Pages

sebuah peluang dibalik kesederhanaan

saya masih ingat di film sillicon valley, ketika paul allen mengabarkan ke bill gates tentang altair. sebuah komputer personal... dan bill gates mengatakan "ini kesempatan kita" dengan visinya "bahwa setiap PC di masa depan harus menggunakan software dari perusahaannya",dan diwujudkan dengan perusahaan software terkuat di dunia, microsoft.

di film tersebut juga diputar bagaimana kehebatan steve jobs yang bisa menangkap kejeniusan Wozniak, yang menciptakan apple 1. dan membuat apple menjadi raksasa hingga sekarang.

Kemudian Sergey dan Larry, dengan visi sederhana mereka. membuat search enggine yang minim iklan di halaman awal mereka. dan bisa ditebak seperti apa google sekarang..

yang terbaru mark zuck,, di filmnya social network, dia hanya mengatakan, "ayo eduardo, kita pindahkan aktivitas sosial yang biasa di lakukan dikampus kedalam sebuah web". dan kemudian terciptalah facebook

kalo dicermati, visi visi mereka sederhana, spesifik, namun kuat dan penuh idealisme.
kadang kadang kita terjebak dengan sebuah paradigma bahwa sebuah hal yang sempurna harus dicapai dengan kompleksitas pemikiran yang rumit.
padahal tidak??

justru orang orang yang berhasil menyederhanakan masalah dan tidak membuat sesuatu hal menjadi begitu kompleks, adalah orang orang yang akan mencapai pucak.
ide ide or peluang bisa diambil dari hal yang sangat sederhana, seperti awal artikel ini. orang orang sukses tersebut menyederhanakan visinya, sehingga terlihat begitu jelas dan hebat..

okeh saya cuma mau cerita,,
lagi lagi berawal kelas 2 SMA, ketika saya mempunyai hp nokia yang bisa mengakses internet. ketika itu saya berpikir, akan terjadi pergeseran software development dari berbasis desktop ke mobile phone. ketika masuk kuliah, hembusan pemikiran sederhana itu makin kuat. dengan perkembangan blackberry dan Iphone.
saya search di google, bahwa developer mobile application di indonesia masih sangat jarang dan cenderung masih sedikit..
ini peluang yang nyata ada didepan..

Allah menunjukan jalan, saya kemudian tergabung dalam komunitas developper mobile application. alhamdulilah disana banyak hal yang bisa dipelajari.keinginan saya untuk start up semakin kuat.
akhirnya,temen saya di KPLI bogor, yang jago programming java mengajak untuk terjun menjadi developer disini..

dengan sebuah visi sederhana yang dulu dimiliki bill gates "software kita harus ada di setiap mobile phone/ mini computer setiap orang"
berani berpikir sederhana??
dibalik kesederhanaan justru timbul berjuta makna..

0 komentar:

Posting Komentar