Pages

Ada apa dengan objek???


Didalam konsep objek oriented programming,sadar atau tidak, pasti akan sering dijumpai dengan yang namanya “objek”. Apakah objek itu, mari kita bahas dengan ilustrasi berikut. Maaf ya sedikit lebai. Hehehehe.


Nicholas saputra suatu saat sedang ngedate sama dian sastro di film “ada apa dengan objek”, waktu itu mereka diskusi sangat seru,sambil makan kacang rebus panas yang dibeli di warung mang udin,dan saking serunya penonton menjadi terharu melihatnya,


@ Nicholas : Dian, sebenernya objek itu mengandung apa aja ya?? Apa seperti ibu ibu mengandung?? Yang nunggu Sembilan bulan baru lahir??, apa aja yang jadi bagian dari sebuah objekk?? Tolong katakan padaku diann, toloong.. (maaf sedikit lebay)

@ Dian : itu loh nic, objek itu cuma punya state dan behavior, gak harus nunggu sampe Sembilan bulan ko, buat tau kandungan objek

@ Nicholas : ohhhh jadi mengandung state dan objek ya. coba jelasin lebih dalam dunk, tentang dua mahluk bernama state dan objek,aku belum ngerti nichhh!!!

@ Dian : (sambil ngelus dada),, gini ya, okeh aku jelasin satu satu apa itu State, dan behavior
yang pertama state, kamu tau kan saya itu artis, saya itu berjenis kelamin perempuan, tinggi 165cm, punya muka cantik, dan umur saya 20 tahun. Kalo dikumpulin saya berarti punya ciri ciri kaya gini atau data diri saya kaya gini.

• Profesi : artist
• Jenis kelamin : perempuan
• Tinggi : 165 cm
• Umur : 20 tahun

Nah state itu adalah kumpulan ciri ciri (bisa kita sebut propertis) aku diatas yang sifatnya pasif karena dia gabisa melakukan pekerjaan, dia cuma sebuah nilai aja, begitu nikk..
Yang kedua behavior,,, okeh sebagai artis dan manusia, aku juga bisa loh berjalan, aku bisa cium kamu, aku bisa berenang, aku bisa berakting, dan aku bisa berantem.

• Berjalan ()
• Berciuman ()
• Berenang ()
• Berakting ()
• Berantem ()

Intinya behavior / method itu, apa aja hal atau tindakan yang bisa aku lakukan, kalo dalam bahasa pemrogramannya itu, behavior adalah apa saja operasi yang bisa dilakukan oleh suatu objek, itu yang dinamain behavior,, begituuu nikk..dan biasanya method selalu didikuti tanda ( )

@ nicholass : oh begitu ya!!,, makasih ya, saya jadi ngerti nih.. intinya sih, karakteristik objek dibangun dari dua hal tadi ya?? State dengan behavior,,, berarti, kalo mau bikin objek pas aku lagi coding, aku harus paham dulu, mengenai objek itu dan karakteristiknya?

@dian : ia bener nik,, kan seperti kata lagu sherina “lihatlah lebih dekat”,, jadi kita harus melihat dan paham bagaimana karakteristik dari objek yang akan kita buat, sehingga memudahkan kita pas bikin program.

@nicholas : (ngangguk-ngangguk),aku makin sayang dah sama kamuu,karena kamu pinterr

@dian : aku juga, sayang sama kamu!!!

film pun berakhir bahagia, dengan sebuah nyanyian dari melly goeslaw “ada apa dengan object”

//maaf ya kalo garing,,, yang penting pesen yang disampein nyampe..hehehehehehe
ikuti terus serial OOP di blog ini, introduction doang ini mah.hahaha

0 komentar:

Posting Komentar